Friday, January 07, 2011

Laporan Polis SAMM dapat perhatian media Indonesia

Anak Muda Tuntut Penyelidikan



RMOL. Kelompok muda pejuang hak asasi manusia, Solidariti Anak Muda Malaysia (SAMM), mengajukan laporan ke polisi terkait tuduhan yang menyebut Menteri Informasi, Komuni­kasi, dan Kebudayaan Malaysia Rais Yatim memperkosa pem­bantu rumah tangganya yang berasal dari Indonesia.

“Laporan ini dibuat untuk mendorong polisi membuka file investigasi dan mulai me­nyelidiki tuduhan ini,” kata ketua SAMM Badrul Hisham Shaharin, kemarin.

“SAMM bertanggung jawab maju untuk membantu polisi memulai investigasi kasus ini. Seseorang tidak bersalah hing­ga ada pebuktian. Dalam kasus ini, korban pertama adalah Rais Yatim. Dia belum dibuktikan bersalah, tapi hampir semua blog dan obrolan menyebutkan Justify Fullnamanya dalam kasus pe­mer­kosaan,” tambah Badrul yang juga dikenal sebagai blogger bernama CheguBard.

Badrul juga mendesak PM Najib Razak menyatakan po­si­sinya atas isu ini dan meskors Rais Yatim dari kabinet hingga penyelidikan selesai. Menurut Badrul, SAMM akan meng­ambil langkah lebih jauh jika tidak ada follow up kasus ini dalam 14 hari.

Langkah SAMM didukung kelompok lainnya, yakni barisan muda partai oposisi Partai Kea­dilan Rakyat (PKR). “Kami akan terus maju dengan misi pene­muan fakta ke Indonesia dan ber­temu Migrant Care yang me­miliki laporan tertulis dan me­wawancarai korban, serta dinas lainnya di republik tersebut (In­donesia),” ujar Ketua Barisan Muda Partai Keadilan Rakyat.

Akhir-akhir ini beredar kabar di blog-blog di Malaysia, ter­jadi pemerkosaan yang ditu­ding dilakukan Rais Yatim pa­da 2007. Pada Senin (3/1), se-buah portalberita menampil­kan ku­tipan surat yang diduga di­tulis saudara korban pemer­ko­saan. Tulisan ini menunjuk­kan keta­kutan keluarga atas kese­la­matan korban.

klik
  • http://internasional.rakyatmerdeka.co.id/news.php?id=14230
  • http://findarticles.com/p/news-articles/new-straits-times/mi_8016/is_20110106/group-probe-rape-claim/ai_n56602978/
  • http://bataviase.co.id/node/522489

No comments:

Post a Comment